Minggu, 21 Oktober 2012

Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah


Noda hitam bekas jerawat adalah salah satu masalah besar bagi para remaja, begitu juga dengan para orang dewasa yang peduli terhadap kecantikan dan pemeliharaan tubuhnya. Jerawat biasanya lebih banyak di alami oleh para ABG yang sedang beranjak remaja, bisa jadi disebabkan karena pikiran yang stress maupun karena pengaruh hormon yang lebih banyak di produksi oleh tubuh karena proses transisi (perubahan status seorang ABG menjadi Remaja).

Jerawat tentu akan lebih menjengkelkan lagi buat anda karena datang pada saat saat yang tidak anda inginkan, sebut saja masa pubertas yang kebanyakan disebut orang sebagai masa yang paling indah (karena sedang jatuh cinta), karena ketika jerawat jerawat ini bermunculan di wajah, maka yang di tinggalkannya setelah itu adalah bintik bintik merah, kering dan bahkan berupa noda hitam yang membandel.

cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel secara cepat dan alami
Sumber Picture dari Google Image

Cara Menghilangkan Bekas Jerawatsepertinya sedikit gampang tapi agak susah juga, ada sebagian orang yang dengan begitu cepat bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah nya secara alami, namun banyak juga yang harus kehilangan rasa percaya diri gara gara noda hitam bekas jerawat ini membandel alias susah untuk dihilangkan.
Ada banyak cara yang sudah di praktekkan untuk menghilangkan bekas jerawat ini, namun hasilnya kadang kadang kurang efektif. Kali ini saya akan mencoba mengupas tuntas dan memberikan tips menghilangkan bekas jerawat secara cepat dan alami. Insya Allah jika anda menjalankan tips tips pemeliharaan wajah ini dengan rutin dan maksimal, maka noda hitam bekas jerawat di wajah anda akan cepat hilang.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami :

Berikut ini saya berikan beberapa tips menghilangkan noda bekas jerawat secara alami dengan bahan-bahan Tradisional yang gampang didapatkan di sekitaran anda :
  • Ambillah sepotong ubi kayu lalu kupas dan buang kulitnya. Kemudian bersihkan lalu parut secukupnya. Setelah itu campurkan dengan air secukupnya dan aduk sampai rata. Saring dan peras parutan ubi kayu tersebut untuk mendapatkan airnya. Cucilah muka anda atau poles ke muka anda seperti melakukan masker wajah biasanya. Lakukan selama seminggu dan lihat hasilnya.
  • Tumbuk beberapa biji potongan kulit batang kayu manis dan buat menjadi seperti serbuk kayu yang halus. Caranya masih sama seperti point nomor 1, campurkan dengan sedikit air dan oleskan ke bekas jerawat dan coba lakukan tips ini selama seminggu. Lebih bagus dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.
  • Masih menggunakan irisan / potongan kulit batang kayu manis. Buat menjadi serbuk / hancurkan sampai halus dan campurkan dengan Madu. Tempelkan campuran serbuk kulit batang kayu manis dengan madu tadi ke bekas jerawat. Dan diamkan sampai kering. Tips ini lebih bagus anda coba saat mau tidur, sehingga akan lebih maksimal prosesnya
  • Ambil 15 atau lebih daun sirih yang masih muda, cuci dengan air bersih dan tumbuk sampai halus. Sebelum di oleskan ke bekas jerawat, sebaiknya bersihkan / cuci wajah anda dengan air suam terlebih dahulu. Kemudian oleskan tumbukan daun sirih muda tersebut ke bekas jerawat atau seluruh muka, diamkan selama 30 menit atau sampai kering. Kemudian cuci wajah anda menggunakan sabun sampai bersih. Lakukan rutin 3x seminggu
  • Gunakan kulit pisang Klutuk (pisang batu) yang sudah matang untuk di usapkan secara rutin ke seluruh permukaan wajah. Lakukan sebelum mandi, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu sebelum anda mandi, bilaslah dulu bekas olesan kulit pisang tersebut menggunakan air TEH yang sudah basi (Buat Teh 1 gelas dan biarkan dingin selama lebih dari 24 jam, lebih bagus lagi kalau malamnya anda taruh di luar rumah agar terkena embun).
  • Tumbuk biji / buah pinang yang sudah agak tua sampai halus / lembut, campurkan dengan bunga mawar dan aduk sampai rata dan buat jadi masker. Lakukan rutin selama seminggu dan lihat hasilnya.

Tips tips untuk menghindari Jerawat di wajah

Tips tips yang saya tulis dibawah ini mungkin sedikit mirip dengan tips tips pemeliharaan wajah / Tips Kesehatan Cara Menghilangkan Komedo di Wajah yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya :
  • Lakukan rutinitas mencuci muka menggunakan air hangat minimal 2x seminggu. Ini untuk mengurangi proses penyebaran jerawat dan penyumbatan pori pori wajah gara gara wajah yang berminyak. Bagus di praktekkan sebelum tidur.
  • Jika berpergian atau keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor, sibisa mungkin hindarilah terkena asap kendaraan secara langsung. Gunakan helm standard yang mempunyai kaca pelindung dan lebih bagus lagi ditambah dengan masker wajah.
  • Makanan yang mengandung Cabe / Lombok yang berlebihan dan beberapa jenis makanan atau masakan yang pedas pedas bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Jika anda adalah seorang pecinta sambal, kurangi kebiasan anda.
  • Jika anda adalah seorang pecinta daging atau makanan sejenisnya, kurangi sedikit saja kebiasaan anda mengkonsumsi makanan yang mangandung lemak. Tidak mengkonsumsi lemak sama sekali juga berbahaya, sebab fungsi makanan yang mengandung lemak selain untuk pelumas persendian dan tulang, lemak juga diperlukan untuk pembentukan sel paru-paru dan otak anda,
  • Jerawat bisa timbul karena alergi pada suatu jenis makanan. Seperti kebanyakan orang yang berjerawat  karena memakan daging ayam, kacang-kacangan maupun telur. Jika anda adalah seorang yang alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka sebisa mungkin hindarilah jenis jenis makanan yang bisa menimbulkan jerawat di wajah anda.
  • Banyak pikiran dan stress juga bisa menimbulkan jerawat lho.. jadi untuk anda yang masih muda, jangan kebanyakan pikiran ya. Hehehe :)
  • Rutinitas Olahraga juga bisa menjadi salah satu tameng paling mujarab untuk menghindari jerawat. Panas dan keringat yang keluar dari tubuh saat anda selesai olahraga akan membuka pori pori kulit dan kotoran yang ada di dalam tubuh akan ikut terbuang dari keringat yang keluar
  • Untuk anda yang sering keramas, usahakan busa atau air keramas tersebut untuk tidak mengenai wajah. Beberapa jenis shampoo dan alat keramas lainnya mengandung protein yang bisa menimbulkan jerawat di wajah.
  • Sebelum tidur, pastikan bahwa anda mencuci muka menggunakan sabun pembersih muka. Ini berguna untuk menghindari keluarnya minyak yang berlebihan saat tidur.
  • Perbanyak makan sayur dan buah buahan. Selain untuk menghindari wajah dari jerawat, juga untuk membuat anda kelihatan awet muda.
  • Perbanyak Minum air putih dan tidur yang teratur.
Beberapa tips / ulasan Cara menghilangkan bekas jerawat di atas merupakan rangkuman dari beberapa tips yang saya baca di majalah, koran, maupun media online lainnya yang bisa menjadi referensi anda.

Sumber Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar